nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Tips Perjalanan ke Gunung Rigi

Tips Perjalanan ke Gunung Rigi

Rigi Scheidegg
Pemandangan di Gunung Rigi, sumber: google maps

Ada yang pernah dengar tentang Gunung Rigi di Swiss? oke memang agak kurang terkenal dibandingkan dengan Gunung Titlis ya, padahal di Swiss Gunung Rigi dijuluki Queen of the Mountains. Lokasi Gunung Rigi ada di tengah-tengah Swiss dan dari puncak gunung kalian bisa melihat keindahan 3 danau yaitu Danau Zug, Danau Lucerne dan Danau Lauerz.

Kami memilih mengunjungi Gunung Rigi dibandingkan gunung-gunung lainnya karena semua transportasi ke Gunung Rigi seperti kereta gunung dan cable carnya sudah full covered oleh Swiss Travel Pass.

Swiss Travel Pass adalah travel pass di swiss yang mengcover semua moda transportasi seperti bus, kereta, kapal dan cable car. Tetapi untuk cable car ke gunung, hanya Gunung Rigi dan Gunung Stanserhorn yang full covered, sisanya hanya diskon sampai dengan 50 persen.

Stasiun Kereta Rigi dari Stasiun Arth Goldau,
Kereta Gunung ke Rigi yang berwarna biru ada disebelah kiri atas.

Gunung Rigi dapat diakses dari 2 lokasi yaitu dari Arth Goldau dan dari Vitznau. Jika kalian menginap di Kota Zurich maka untuk menuju ke Gunung Rigi kalian dapat naik Kereta menuju Arth Goldau. Kemudian dari Arth Goldau naik kereta gunung ke Rigi Kulm atau puncak Gunung Rigi.

Jika base kalian di Kota Luzern atau Lucerne maka kalian harus naik kapal melintasi Danau Lucerne lalu turun di daerah Vitznau dan naik kereta gunung ke Rigi Kulm.

Ke Gunung Rigi dari Pelabuhan Vitznau

Di Rigi Kulm kalian akan melihat 2 warna kereta gunung. Kereta warna merah adalah kereta dari/ke Vitznau sedangkan Kereta berwarna biru adalah kereta dari/ke Arth Goldau.

Karena kami menginap di Zurich maka untuk menuju Gunung Rigi, kami melalui rute Arth Goldau dan naik kereta gunung warna biru. Agar mendapatkan pengalaman maksimal kami berencana akan turun dengan kereta gunung warna merah tujuan Vitznau.

Ada banyak spot wisata di Gunung Rigi. Lengkapnya dapat kalian lihat pada website www.rigi.ch/en. Tetapi hanya ada 3 spot yang benar-benar full covered oleh Swiss Travel Pass, kalian tidak perlu membayar lagi untuk naik kereta gunung dan Cable Car yaitu Rigi Scheidegg, Rigi Kulm (Puncak Gunung Rigi) dan Rigi Kaltbad.

Keuntungan ke Gunung Rigi dari Arth Goldau adalah kalian bisa mengunjungi ketiga spot tersebut dengan waktu yang lebih hemat. Rute dari Stasiun Arth Goldau adalah seperti ini:

Rute Gunung Rigi start dari Stasiun Arth Goldau

Sedangkan jika kalian berangkat dari Vitznau maka rutenya adalah sebagai berikut:

Rute Gunung Rigi Start dari Vitznau

Jika mengambil rute ini (ke Gunung Rigi dari Vitznau), saya sarankan untuk tidak ke Rigi Scheidegg karena rute yang tidak efektif.

Tetapi jika ingin ke Rigi Scheidegg dari Vitznau maka setelah dari Rigi Kulm turun ke Rigi Scheidegg lalu untuk kembali ke arah Lucerne kalian harus naik ke Rigi Kulm lagi kemudian baru ke Rigi Kaltbad, agak bolak balik ya, tapi jika memang berminat untuk menjelajahi ya silahkan saja namanya juga jalan-jalan, hehe.

Oke kita bahas satu persatu yaa.

Rigi Scheidegg

Rigi Scheidegg

Rigi Scheidegg adalah tempat untuk melihat panorama dan keindahan Danau Lauerz. Untuk menuju Rigi Scheidegg dari Stasiun Arth Goldau naik Kereta Gunung kemudian turun di pemberhentian Krabel lalu lanjut naik Cable Car ke Rigi Scheidegg.

Cable Car ke/dari Rigi Scheidegg berangkat setiap 30 menit dengan lama perjalanan 6 menit. Cable Car dijalankan dengan otomatis ya jadi kalau sudah waktunya berangkat maka pintu akan menutup sendiri dan cable car akan bergerak naik ke Rigi Scheidegg.

Ketika sampai di Rigi Scheidegg baru ada petugas yang akan menanyakan tiket kalian, cukup perlihatkan Swiss Travel Pass kalian.

Cable Car ke/dari Rigi Scheidegg, sumber: rigi.ch/en

Rigi Kulm

Setelah melihat pemandangan di Rigi Scheidegg, kalian bisa turun dengan menggunakan Cable Car dan kembali menunggu kereta gunung di Stasiun Krabel. dari Krabel ke Rigi Kulm memakan waktu sekitar 35 menit.

Ada apa di Rigi Kulm? Rigi Kulm adalah puncak tertinggi Gunung Rigi, dari sini kalian dapat melihat pemandangan beberapa danau dan gunung-gunung lainnya. Tapi sayangnya ketika kami kesana sedang berkabut parah sehingga pemandangan tidak terlihat. Yah namanya jalan-jalan ke alam, yah harus siap dengan fenomenanya, mungkin next disuruh kembali lagi untuk merasakan pengalaman yang maksimal.

Karena jarak pandang yang pendek dan juga suhu yang lumayan dingin, maka kami memutuskan untuk makan di Restoran yang ada di Rigi Kulm saja. Pelajaran bagi kami kalau mau ke Swiss dan berencana ke Gunung, walaupun di Musim Panas tetap harus bawa jaket yang mumpuni, karena contohnya Gunung Rigi, di musim panas suhu mencapai 12 derajat celcius, tetap dingin bagi manusia tropis kan.

Menunggu kereta warna merah ke Rigi Kaltbad First sambil melihat pemandangan berkabut

Rigi Kaltbad First

Jika kalian ingin menginap di Gunung Rigi, kalian bisa menginap di Rigi Kaltbad, ada beberapa pilihan hotel disini. Selain itu juga ada pemandian air panas kaya mineral atau mineral bath & spa.

Mineral Bath & Spa di Rigi Kaltbad, sumber: www.aqua-spa-resorts.ch

Karena disini ada sumber air panas, jadi ada hotel yang menyediakan tempat untuk berendam air panas ada juga yang tidak, tapi jika kalian hanya ingin merasakan berendam air panas tanpa menginap di hotel pun bisa. Kalau kami karena waktu yang terbatas jadi hanya melihat-lihat pemandangan saja.

Lift menuju Mineral bath & Spa dan juga Cable Car ke Weggis

Dari Rigi Kaltbad ada 1 cable car yang sudah tercover secara penuh oleh Swiss Travel Pass yaitu cable car Rigi Kaltbad – Weggis, perjalanan di dalam cable car memakan waktu 10 menit. Dari dalam car kalian bisa melihat keindahan Danau Lucerne dari ketinggian.

Pemandangan Danau Lucerne dari dalam cable car

Sesampainya di Weggis, jika kalian ingin ke Lucerne maka belok kanan dan ikuti tanda tapak kaki yang sengaja dibuat di aspal, tanda tersebut akan mengarahkan kalian ke pelabuhan. Dari pelabuhan naiklah kapal ke Lucerne.

Sedangkan jika kalian mau ke Zurich maka belok kiri dan kalian akan langsung melihat plang tanda bus stop, bus stopnya hanya ada tanda saja ya, tidak ada tempat duduk untuk menunggu bus, jadi kalau tidak jeli bisa kelewatan seperti kami, ketika bus nya lewat dan posisi kami bukan di Bus Stop, busnya hanya lewat saja dan tidak mau berhenti. Setelah tanya-tanya ke penduduk lokal baru kami tau tempat menunggu bus nya. Menunggu bus yang kelewatan lumayan lama ya, kami menunggu sampai 1 jam untuk naik bus 502 selanjutnya.

Tempat menunggu bus 502

Setelah naik bus 502 turunlah di stasiun kereta terdekat yaitu Kussnacht am Rigi dan naik kereta ke arah Stasiun Arth Goldau. Dari Arth Goldau naik kereta ke arah Zurich.

Sekian cerita Gunung Rigi dari kami, lain kali jika ke Gunung Rigi lagi kami mau merasakan berendam air panas di Rigi Kaltbad sambil melihat pemadangan gunung-gunung yang pastinya menyenangkan yaa.

Mineral Bath & Spa Outdoor di Rigi Kaltbad pada musim dingin, sumber: www.rigi.ch

Selain itu kami juga mau merasakan berwisata ke gunung-gunung lainnya. Swiss merupakan negara dengan ratusan gunung, tercatat ada 208 gunung dan puncak tertinggi Eropa ada di Swiss. Baru kali ini kami merasakan berwisata ke gunung tanpa harus capek mendaki gunung karena transportasinya yang lengkap dari kereta gunung sampai dengan cable car, sehingga mencapai puncak gunung menjadi lebih mudah.

Join the discussion

Follow @nisa_nice

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.
nicetraveller

Instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.