nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Cara Membuat Visa Schengen Swiss

Cara Membuat Visa Schengen Swiss

Visa Schengen

Salah satu destinasi impian para traveller adalah travelling ke Switzerland, negara di Benua Eropa dengan pesona alam yang luar biasa, terdapat ratusan gunung, ribuan danau, sungai, air terjun, dan lain-lain. Bahkan sampai ada quote “But before I die, I want to visit heaven on Earth: Switzerland.” -Govind Maheshwari.

Sebelum berkunjung ke Swiss, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah Visa Schengen. Visa Schengen adalah Visa yang dapat digunakan untuk masuk ke Kawasan Schengen yang terdiri dari 26 negara Eropa yang resmi menghapus kebijakan paspor dan semua jenis kontrol perbatasan pada masing-masing kawasan perbatasan, salah satunya adalah Swiss.

Pengajuan Visa Schengen Swiss dilakukan jika:

  1. Swiss merupakan tujuan utama perjalanan kamu ke Eropa
  2. Jika kamu ingin mengunjungi beberapa negara lain di Kawasan Schengen maka Swiss harus menjadi negara pertama yang kamu tuju.
  3. Swiss adalah negara yang paling lama kamu singgahi.

Pengajuan Visa Schengen Swiss dilakukan di VFS Global di Kuningan City Mall lantai 1, Setiabudi, Kuningan, Jakarta. Pengajuan Visa Schengen Swiss cukup cepat karena antriannya tidak seramai Belanda.

Jenis Visa

Sebelum mengajukan Visa teliti dulu Visa apa yang kamu butuhkan. Ada 2 Jenis Visa:

  1. Visa Jangka Pendek (periode tidak lebih dari 90 hari per 6 bulan)
  2. Visa Jangka Panjang (periode masa tinggal lebih dari 90 hari)

Visa jangka pendek biasanya digunakan untuk para traveller sedangkan Visa Jangka Panjang digunakan untuk Visa Kerja, Sekolah dan Reuni Keluarga.

Syarat Membuat Visa Schengen Swiss

Syarat membuat Visa Schengen Swiss adalah melengkapi dokumen sebagai berikut:

  1. Mengisi Formulir Visa. Visa dapat diisi secara online di link ini atau dengan mengunduh formulir Visa di Website VFS Global.
  2. Pasport Asli dan Fotocopy. Masa berlaku pasport minimal 6 bulan dan setidaknya ada 2 halaman kosong untuk Visa.
  3. Pasphoto terbaru dengan ukuran 3,5 x 4,5cm dan berlatar belakang putih.
  4. Bukti Pemesanan Tiket Pesawat.
  5. Bukti Pemesanan Penginapan.
  6. Polis Asuransi Perjalanan yang mengcover jika terkena COVID-19 dalam perjalanan.
  7. Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Surat Referensi dari Bank. Jika perjalanan dibiayai oleh Orang tua atau suami maka lampirkan Kartu Keluarga.
  8. Surat Keterangan Kerja.
  9. Untuk wiraswasta: copy akte perusahaan dan pajak terakhir.
  10. Slip gaji 3 bulan terakhir.
  11. Copy halaman pasport yang ada cap berpergian ke area Schengen/USA/UK jika ada.
  12. Kartu Keluarga jika bepergian bersama keluarga.
  13. Itinerary perjalanan. Form Itinerary perjalanan adalah terlampir, dapat diketik ataupun tulis tangan.

Ajukan Janji Temu

Jika semua dokumen sudah dilengkapi selanjutnya adalah mengajukan janji temu untuk menyerahkan dokumen, mengambil sidik jari dan foto di VFS Global. Cara memesan Janji Temu ada di link ini.

Setelah membuat janji temu, kamu akan menerima email konfirmasi janji temu beserta surat janji temu.

Mengunjungi Pusat Aplikasi Visa

Pada hari janji temu, kamu harus mengunjungi Pusat Aplikasi Visa untuk melakukan hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal-hal yang perlu kamu ketahui pada saat janji temu adalah:

  1. Datang 10 menit sebelum waktu janji temu dengan membawa surat janji temu. Jika terlambat maksimal 15 menit maka kamu akan diminta untuk membuat janji temu baru.
  2. Bawa semua dokumen yang dipersyaratkan baik asli maupun fotocopy.
  3. Membayar biaya Visa. Biaya Visa Schengen Jangka Pendek adalah 80 euro atau Rp1.300.000 untuk dewasa, 40 euro atau Rp650.000 untuk anak-anak 6 – 12 tahun dan gratis untuk anak dibawah 6 tahun. selain itu juga ada biaya pelayanan sebesar Rp350.000,-
  4. Melakukan pengumpulan informasi biometrik yaitu pemindaian sidik jari digital dan foto digital. Pemohon yang pernah mengajukan Visa Schengen dalam 5 tahun terakhir dapat mendelegasikan pengajuan Visa ke pihak ketiga dengan surat kuasa karena telah memiliki data biometrik. Untuk pemohon dibawah 12 tahun tidak perlu melakukan pemindaian wajah (foto digital) maupun pemindaian sidik jari.

Pengambilan Pasport

Setelah penyerahan dokumen untuk pembuatan Visa dan pengumpulan infomasi biometrik maka saatnya untuk menunggu Visa selesai. Kamu dapat melacak status Visa kamu secara online. Gunakan Nomor Referensi yang tercantum pada faktur/tanda terima yang dikeluarkan oleh Pusat Pengajuan Visa beserta tanggal lahir kamu.

Setelah hasil keputusan pengajuan Visa selesai, kamu dapat mengambil pasport dengan cara:

  1. Mengambil sendiri ke pusat Aplikasi Visa.
  2. Mengirim perwakilan untuk mengambil pasport dengan disertai surat kuasa, tanda terima dan tanda pengenal penerima kuasa.
  3. Melalui kurir dari VFS Global, diantarkan ke alamat rumah atau kantor kamu. Jasa kurir adalah mulai dari Rp50.000 – Rp150.000 sesuai dengan wilayah pengiriman dan dibayarkan pada saat membayar pengajuan visa.

Sekian cara pembuatan Visa Schengen dari Negara Switzerland atau Swiss.

Update 11 Agustus 2022

Join the discussion

Follow @nisa_nice

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.
nicetraveller

Instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.