nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Wisata Bali

Tegalalang Rice Terrace

Beberapa tahun yang lalu saya dan suami punya harapan untuk bisa jalan-jalan ke daerah pedesaan di Bali, lihat danau, gunung dan sawah. Harapan hanya akan jadi harapan jika tidak ada yang mengeksekusi, seperti biasa suami saya yang lulusan komunikasi memang pintar berteori dan merancang, selanjutnya biasanya saya yang merealisasikan, kebalikannya dia, saya memang cepat mengambil keputusan dan merealisasikan sesuatu, mungkin karena itu kami berjodoh ๐Ÿ˜€

Agar harga tiket pesawat sesuai di kantong, apalagi kalau ingin perginya pas long weekend maka beli tiket penerbangan yang paling murah dan dibeli setahun sebelumnya. Jangan khawatir, penerbangan yang murah pun akan nyaman asal terbangnya di pagi hari, biasanya minim awan dan angin, paling anak-anak komplain kenapa pesawatnya tidak ada TV nya ๐Ÿ˜€ sudahlah kalian tetap beruntung bisa kesini diusia anak-anak, saya pertama kali ke Bali umur 26 tahun itupun karena urusan kantor.

Banyak tiket wisata di Bali yang bisa dibeli online dengan harga lebih murah, seperti Bali Zoo, Bali Safari and Marine Park, Bali Bird Park, Upside Down World Bali, Water Sport di Tanjung Benoa, dan lain sebagainya. Sebelum membeli pastikan bahwa tempat wisata tersebut letaknya tidak saling berjauhan, jika berjauhan jangan direncanakan untuk dikunjungi pada hari yang sama, Bali itu suka macet, takutnya tidak terkejar jadinya bukannya untung malah buntung ๐Ÿ™‚

Nah berikut adalah pilihan kombinasi tempat wisata yang bisa dikunjungi pada hari yang sama:

1. Jika mau ke Bali Selatan bisa mengunjungi GWK, Pantai Pandawa atau Pantai Dreamland pilih salah satu, Nonton Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu, terakhir bisa ditutup dengan makan malam di Pantai Jimbaran.
  2. Pura Taman Ayun, Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Pura Tanah Lot.
  3. Kintamani, Pura Ulun Danu Batur, Danau Batur, Gunung Batur, pulangnya bisa ke Desa Truyan atau ke Pura Besakih.
  4. Jika mau ke daerah Gianyar bisa ke Bali Zoo atau ke Bali Bird Park atau ke Bali Safari Marine Park lalu jika pulangnya tidak kesorean bisa ke Tegenungan Water Fall atau Goa Gajah atau lihat sunset di Pantai Kuta.
  5. Tegalalang Rice Terrace, Pura Tirta Empul dan Desa Panglipuran.
  6. Menghabiskan seharian di Tanjung Benoa, mencoba bermacam water sport dan Pulau Penyu.
Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Berhubung penerbangan kami bukan penerbangan paling pagi maka sampai di Bali sudah siang, belum dipotong waktu makan siang maka hari pertama kami cuma dapat Pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul terdapat di tepi Danau Beratan, sesuai namanya Ulun artinya tepi dan Danu artinya Danau. Suhu sekitar Danau lumayan dingin karena terletak pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Selain foto-foto dengan latar Pura yang ada di gambar uang Rp50.000,-ini, kita juga bisa bermain speedboad, berlayar dengan perahu angsa, main kayak bahkan memancing.

Harga tiket masuk Pura Ulun Danu Beratan Bedugul adalah Rp20.000,-untuk dewasa dan Rp15.000,- untuk anak-anak. Untuk biaya sewa Speed Boat yang kecil Rp100.000 sedangkan Speed Boat yang besar Rp185.000,- untuk 1 kali putaran.

Bali Zoo

Anak-anak saya memang suka melihat hewan, makanya pas hari kedua di Bali saya ajak ke Bali Zoo senang dan antusias sekali, kalau lihat hewan ekspresi pertamanya pasti wow, contoh. wow gajah, wow orang utan, wow dlsb๐Ÿ˜„. Bali Zoo adalah kebun binatang yang terletak di Kabupaten Gianyar, lokasinya sekitar 1 jam dari Kuta. Apa saja yang bisa dilakukan di Bali Zoo:

1. Sarapan dengan Orang Utan, ini jika bisa bangun pagi ya karena last check in jam 8.30 pagi, biaya Rp600.000 untuk dewasa dan Rp420.000 untuk anak-anak termasuk tiket masuk Bali Zoo. Jika tidak mau Sarapan dengan Orang Utan beli tiket biasa saja, Rp125.000 untuk dewasa dan Rp95.000 untuk anak-anak, beli tiket online lebih murah dari ini ya. Zoo dibuka mulai jam 09.00 sampai jam 17.00.
  2. Berkeliling Kebun Binatang.
  3. Memberi makan binatang seperti rusa dan gajah.
  4. Foto dengan orang utan dan hewan lainnya di Zona Kampung Sumatera dari jam 14.30 – 15.30.
  5. Melihat Animal Show.
  6. Naik Kuda Poni dan Gajah dengan biaya tambahan.
  7. Bermain air di Jungle Splash Waterplay setelah badan keringatan dan lengket sehabis jalan-jalan seharian.
Memberi Makan Gajah
bermain air di Jungle Splash Waterplay
Tegalalang Rice Terrace

Dari Bali Zoo, karena masih terang kami ke Tegalalang Rice Terrace yang berjarak kurang lebih 20 km dari Bali Zoo, berlokasi di Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Apa yang bisa dilakukan di Tegalalang Rice Terrace? tentu saja eksplorasi atau tracking areal persawahan yang dibentuk terasiring karena berada didaerah perbukitan.

Nah Bedanya kami dan bule-bule adalah kalau mereka melihat rice terrace langsung tracking, kalau kami hanya lihat orang tracking sambil makan gorengan,hehe, suami diajak tracking bilangnya saya kan orang desa, jalan-jalan di sawah sudah biasa, dibelakang rumah ibu saya kan sawah๐Ÿ˜„ Jadi bagi yang malas tracking bisa cukup melihat pemandangan terasiring dari atas ya, ada banyak restoran disepanjang jalan, bisa makan-makan sambil menikmati pemandangan persawahan yang hijau dan membuat mata segar. Oya tidak ada biaya yang dikenakan untuk memasuki areal persawahan ini.

foto-foto dari atas saja
Pantai Pandawa

Agar liburan long weekendnya bisa maksimal, cuma 3 hari tapi bisa mengunjungi banyak tempat, maka untuk penerbangan pulang saya beli di malam hari. Tapi ternyata tidak seide sama suami, menurut suami liburan itu ya leyeh-leyeh bukan bikin badan capek jalan kesana kesini, pas tau penerbangan pulang kami tengah malam maka dia memutuskan untuk berenang dan leyeh-leyeh di hotel saja sampai jam check out, setelah check out baru jalan-jalan, maka hari ketiga cuma sempat beli oleh-oleh dan ke Pantai Pandawa, tak apalah paling tidak misi liburan ke daerah pedesaan di Bali melihat danau, gunung dan sawah sudah terlaksana.

Pantai Pandawa ada di Bali Selatan, yang saya suka dari pantai ini adalah ombaknya yang tidak terlalu besar seperti kuta, jadi aman untuk anak-anak main ombak dan canoe, view menuju pantai ini juga bagus bisa melihat tebing-tebing dan pantai sekaligus, pasirnya besar-besar seperti ketumbar, yang jelas pulang dari sini kulit kami belang-belang๐Ÿ˜„

Sekian cerita liburan long weekend dari saya, mari kita lihat kalender lagi adakah long weekend di tahun depan, jika ada, persiapkan!!

Join the discussion

Follow @nisa_nice

Error validating access token: Session has expired on Saturday, 12-Aug-23 15:03:03 PDT. The current time is Monday, 11-Dec-23 10:29:24 PST.