nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Jalan-Jalan Belitung 2 Hari 1 Malam

Jalan-Jalan Belitung 2 Hari 1 Malam

Pantai Tanjung Tinggi

Saat hunting tiket promo, saya merasa akan menjadi moment yang tepat mengajak anak ke Belitung sebelum masuk SD di bulan Juli nanti. Jadi setelah dapat tiketnya, beberapa hari sebelum ke Belitung Saya suruh dia nonton film Laskar Pelangi dulu, anak saya suka dengan film tersebut, bahkan matanya sampai berkaca-kaca ketika Lintang (salah satu tokoh utamanya) putus sekolah karena ayahnya meninggal. Nah disinilah saat yang tepat untuk mulai memasukkan nasehat-nasehat baik tentang sekolah. Ayok ke Belitung dan kita lihat sendiri sekolahnya. Jadilah ini menjadi another travelling in weekend dengan memanfaatkan Hari Sabtu Minggu agar otak kembali fresh di Hari Senin 🙂

Apa yang bisa dikunjungi di Belitung dalam 2 hari dan 1 malam? Jawabannya Belitung itu tidak terlalu besar, jadi cukup banyak yang bisa dikunjungi dengan landing di sabtu pagi dan balik di minggu sore. Selanjutnya tempat yang dikunjungi di hari pertama adalah sesuai dengan misi agar anak cinta dan menghargai sekolah yaitu dengan mendatangi SD Muhammadiyah Gantong tempat Andrea Hirata bersekolah.

SD Muhammadiyah Gantong
SD MUhammadiyah Gantong

SD Muhammadiyah Gantong terletak di Kabupaten Belitung Timur, dibandingkan dengan wisata-wisata pantai di Belitung yang lokasinya cukup dekat, sekitar 30 menit dan berada di utara bandara, SD Muhammadiyah Gantong berjarak 59 km atau 1 jam dari bandara H.A.S Hanandjoeddin dan letaknya di sebelah timur, jadi menjauhi lokasi wisata pantai di Belitung, maka kalau mau ke SD Muhammadiyah Gantong memang harus niat. Untuk memaksimalkan perjalanan maka kami sewa mobil, biaya sewa mobil Rp500.000 per hari termasuk supir dan BBM.

1. Bandara H.A.S Hanandjoeddin, 2. Pantai Tanjung Tinggi, 3. Pantai Tanjung Kelayang,
4. SD MUhammadiyah Gantong dan Museum Kata Andrea Hirata,
5. Danau Kaolin dan Rumah Adat Belitung

Sesampainya disana yang kita lihat adalah bangunan sekolah yang terdiri dari 2 kelas beralas tanah dan beratap seng, yang tidak pernah baca buku atau nonton film laskar pelangi pasti bingung kenapa sekolah jelek bisa jadi tempat wisata, tapi yang sudah tau ceritanya pasti bisa mengambil banyak hikmah disini. Sekolah yang jelek seperti ini saja bisa menghasilkan orang hebat seperti Andrea Hirata, ini membuktikan bahwa yang berperan penting adalah orangnya, institusi hanya mendukung, kalau semangat dan rajin belajar maka sekolah dimana saja pasti berprestasi. mulai deh memasukkan nasehat-nasehat baik tentang sekolah ke anak 🙂

Oya sekolah ini hanya replika yang digunakan untuk syuting Laskar Pelangi, sekolah SD Muhammadiyah Gantong yang asli sudah diambil alih pemerintah menjadi sekolah negeri sehingga fasilitasnya sama seperti sekolah-sekolah negeri lainnya.

Biaya masuk SD Muhammadiyah Gantong Rp3.000,- sebelum meninggalkan lokasi SD Muhammadiyah Gantong foto-foto di Rumah Keong, bangunan terbuat dari rotan berbentuk seperti keong yang lokasinya ada didepannya.

Rumah Keong
Museum Kata Andrea Hirata

Masih dilokasi yang berdekatan, kira-kira 1,8 km dari SD Muhammadiyah Gantong ada Museum Kata Andrea Hirata. Museum Kata adalah rumah Andrea Hirata yang dijadikan Museum untuk mengkoleksi karya-karya Andrea Hirata. Saya baru tahu kalau novel Laskar Pelangi juga diterjemahkan ke beberapa bahasa seperi Bahasa Inggris, Jepang, Korea, India, Arab, dan lain sebagainya. Pantas saja novelnya sangat terkenal dan menang banyak penghargaan dunia, waktu saya kesinipun ada 1 bus turis dari Malaysia, mereka bahkan hafal lagu laskar Pelangi, keren.

Biaya Masuk Museum Kata adalah Rp50.000,-. dengan Rp50.000 selain tiket masuk kita juga mendapatkan Buku karya Andrea Hirata. Setelah dari Museum Kata kami ke Hotel yang kami booking di daerah Pantai Tanjung Tinggi dan berakhir dengan berenang di Hotel dan menikmati sunset dari pantai yang ada di Hotel.

Hotel Santika Belitung
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi juga disebut Pantai Laskar Pelangi karena merupakan salah satu lokasi shooting Film Laskar Pelangi. Pantai ini berpasir putih, airnya jernih berwarna hijau toska dan terdapat ratusan batu granit besar mulai dari beberapa meter persegi hingga puluhan meter persegi. di Pantai ini ombaknya tenang sehingga aman untuk anak-anak berenang.

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Masih di Kecamatan Sijuk, 6 km kearah barat Pantai Tanjung Tinggi terdapat Pantai Tanjung Kelayang. Yang terkenal dari pantai ini adalah susunan batu-batu granit yang menyerupai Burung Garuda. Jika mau snorkling bisa langsung sewa perahu dari pantai ini dengan biaya Rp400.000, belum termasuk peralatan snorkling. Selain snorkling juga akan dibawa ke Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuarnya dan Pulau Pasir yang timbul hanya jika laut sedang surut, di Pulau Pasir anda akan menemukan Bintang Laut besar berwarna pink seperti patrick temannya sponge bob. Bintang Laut hanya boleh dipegang ya, tidak boleh dibawa pulang, biarkan mereka hidup di habitat aslinya.

Danau Kaolin
Danau Kaolin

Karena anak-anak saya tidak ada yang mau saya ajak snorkling di Pantai Tanjung Kelayang, maka kami punya waktu untuk ke tempat wisata lainnya yaitu Danau Kaolin yang lokasinya 15 menit dari Bandara. Danau Kaolin ini dulunya adalah lokasi penambangan Kaolin. Kaolin adalah sejenis tanah liat yang bersifat lunak, halus, dan putih, yang terbentuk dari pelapukan batuan granit, dan dijadikan bahan untuk membuat porselen atau untuk bahan campuran membuat kain tenun, kertas, karet, obat-obatan, dan lain-lain. Keindahan Danau Kaolin adalah karena perpaduan kaolin berwarna putih dan warna air danau berwarna hijau toska.

Rumah Adat Belitung
Rumah Adat Belitung

Sekitar 3,5 km dari Danau Kaolin ada Rumah Adat Belitung. Rumah Adat Belitung berbentuk rumah panggung dan terbuat dari kayu. Rumah ini terdiri dari tiga bagian, yakni ruang utama, loss (pembatas antara ruang utama dan dapur) dan dapur. Rumah adat Belitung ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2009 oleh Bupati Belitung.

Selesai mengunjungi Rumah Adat Belitung selesai juga perjalanan 2 hari 1 malam kami di Belitung, perjalanan yang banyak mengandung hikmah menurut saya, lain kali mungkin akan ke Belitung lagi kalau anak-anak sudah mau diajak snorkling, beberapa tahun sebelumnya saya sudah pernah mencoba snorkling di Belitung bersama teman, terumbu karangnya bagus, ikannya banyak dan berwarna warni selain itu ombaknya tidak terlalu besar karena lokasinya yang tidak berada di lepas pantai.

Sekian, thank you for reading.


Join the discussion

Follow @nisa_nice

Error validating access token: Session has expired on Saturday, 12-Aug-23 15:03:03 PDT. The current time is Monday, 11-Dec-23 11:45:38 PST.
nicetraveller

Instagram

Error validating access token: Session has expired on Saturday, 12-Aug-23 15:03:03 PDT. The current time is Monday, 11-Dec-23 11:45:38 PST.