nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Namsan Tower

Namsan Tower

Namsan Tower

Karena kami menggunakan subway (kereta bawah tanah) kemanapun kami pergi selama di Seoul, maka di hari terakhir udah pada kecapaian tak terkira, si kecil abis sarapan tidur lagi dan ditungguin papanya di penginapan, keluarga teman saya yang ikut bersama kami udah tidak mau lagi ke tempat wisata (walaupun tiket observatory deck Namsan Tower jadi sia-sia karena sebelumnya sudah dibeli online) maunya belanja saja, oke pergilah kami ke Myeongdong.

Setelah keluar masuk toko, anak saya yang besar bosan ya diajak shoping namanya anak laki, dan nagih janji saya untuk ke Namsan Tower dan naik Cable Car, baiklah karena udah janji saya berpisah dengan keluarga teman saya dan berjalan ke Namsan Tower dengan membawa 2 plastik besar belanjaan.

Ketika dijalani, ternyata dari Stasiun Myeongdong ke Cable Car berjalan menanjak sepanjang 800 meter, mau naik Cable Car naik tangga dulu ke lantai 3, dan saya bawa belanjaan kanan kiri 😅 Anyway sampai juga di Namsan Tower sesuai itinerary, 2 tiket yang sudah dibeli tidak mubazir, sisanya kami bagi-bagi saja.

Cara ke Namsan Tower

Namsan Tower atau N Seoul Tower adalah menara di Gunung Namsan yang dibangun tahun 1969 dan berfungsi sebagai pemancar radio dan televisi. Pada tahun 1980 menara setinggi 236,7 meter ini dijadikan tempat wisata dan dibuka untuk umum. Ada beberapa cara ke Namsan Tower sebagai berikut:

  1. Naik Cable Car. Cable Car juga merupakan pilihan saya untuk menuju Namsan Tower, Tiket Cable Car round trip adalah KRW9.500 untuk dewasa dan KRW6.500 untuk anak-anak, untuk menuju Cable Car saya baru tahu kalau tidak harus jalan kaki dengan jalan menanjak sekitar 800 meter dari stasiun Myeongdong, ternyata di jam-jam tertentu ada shuttle bus dan ada Namsan Oreumi Elevator, bentuknya elevator tetapi bergerak kesamping atas (miring) sejauh 140 meter, lokasinya di depan Commemorative Plaza.
  2. N Seoul Tower transfer dari Myeongdong menggunakan van, pp hanya Rp47.000 sudah termasuk tiket masuk, coba cari di Klook, saya juga baru tahu ini, ini solusi yang tidak mau capek jalan, tapi jadinya kehilangan pengalaman naik Cable Car ke Namsan Tower dan melihat pemandangan indah dari atas.
  3. Namsan Circulation Bus, ada beberapa pilihan yaitu: Bus Nomor 02/03/05 dari exit 6 Stasiun Dongguk University, Bus Nomor 02/05 dari Exit 2 Chungmuro Station, Bus Nomor 05 dari Exit 3 Myeongdong Station, harga KRW1.200 dengan uang tunai atau KRW1.100 dengan t-money.
  4. Seoul City Sightseeing Bus atau Hop on Hop Off bus, ada 2 rute, Downtown Palace dan Seoul Panorama, keduanya berangkat dari Gwanghwamun dan berhenti juga di tempat yang sama, jika mau ke Namsan Tower ambil rute Seoul Panorama dan turun di Namsan Cable Car Center dan ke Namsan Tower dengan menggunakan Cable Car.
  5. Dengan menggunakan Taksi atau sewa mobil, sewa mobil di Korea sehari sekitar Rp2.000.000,-, kalau taksi tergantung darimana kita berangkat, kalau dari contohnya daerah Hongdae University tempat waktu itu saya menginap sekitar Rp500.000 sekali jalan.
  6. Berjalan kaki melalui Namsan Park, ini bagi yang biasa olahraga kayaknya dan tidak recomended buat yang travelling bareng anak seperti saya 🙂
atas: Cable Car, bawah: Namsan Cable Car Center
Ada apa di Namsan Tower?
Gembok Cinta

Sampai di area Namsan Tower dengan menggunakan Cable Car langsung melihat deretan gembok cinta atau love lock, katanya pasangan yang memasang gembok disini dan tidak menyimpan kuncinya cintanya akan awet. Karena saya pergi bersama anak dan tidak percaya dengan yang begini-beginian maka saya tidak ikutan pasang gembok, yang berminat pasang gembok, gembok dapat di beli disini, tapi bawa sendiri juga tidak apa.

Bagian bawah adalah Seoul Tower Plaza,
bagian atas adalah Namsan Tower atau N Seoul Tower

Selanjutnya adalah Namsan Tower, Namsan Tower itu sendiri dibagi 2, bagian bawah adalah Seoul Tower Plaza kebanyakan isinya restoran dan caffe dan bagian atasnya adalah menaranya atau disebut N Seoul Tower. di lantai paling atas menara ada N Grill, restoran yang bisa berputar 360 derajat, satu kali putaran memerlukan waktu 1 jam 40 menit, ingat drama My Love From The Star kan, salah satu adegannya dilakukan di restoran ini.

Lantai berikutnya atau lantai T5 adalah Observatory Deck, seperti cerita saya sebelumnya, walaupun sudah capek tak terkira tetap saya bela-belain ke Namsan Tower karena sudah terlanjur beli tiket Observatory Deck online, sayang kalau tidak terpakai, dari Observatory Deck kita bisa melihat pemandangan kota Seoul dari atas dan ada teropong juga dengan memasukkan coin KRW500, jika tidak punya coin, ada vending machine penukaran coin juga. Selanjutnya di lantai T2 ada restoran, dilantai T1 adalah tiket booth untuk keatas dan ada restoran juga. Oya di Namsan Tower juga ada Hello Kitty Island letaknya di lantai 5F.

kiri ke kanan: 1. Namsan Tower, 2. Teropong, 3. melihat pemandangan dari atas,
4. Vending Machine untuk tukar uang

Sekian cerita dari saya, intinya sebelum melakukan perjalanan kita memang harus banyak mencari informasi supaya ketika di lapangan, eksekusi yang diambil adalah yang terbaik, ini karena saya tidak tahu bahwa ada shuttle bus di jam-jam tertentu dan ada Namsan Oreumi Elevator ke dan dari Namsan Cable Car Center, maka pulangnya pun kami berjalan kaki ke Stasiun Myeongdong, waktu itu rasanya capek tak terkira karena perjalanan ke Namsan Tower ini kami lakukan di hari ke 5 travelling ke Seoul, setelah siangnya keliling-keliling di Myeongdong Shopping Street, tapi ketika sekarang saya bercerita rasanya indah-indah saja kok, hehe.

Join the discussion

Follow @nisa_nice

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.
nicetraveller

Instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.