nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Jalan Jalan ke Nusa Penida

Jalan Jalan ke Nusa Penida

Kelingking Beach

Nusa Penida adalah pulau di sebelah tenggara Pulau Bali, selain Nusa Penida ada 2 pulau lainnya yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, kali ini saya akan cerita tentang Nusa Penida saja ya, bukan karena pelit cerita tapi karena memang belum pernah ke 2 Nusa lainnya, hehe. Sesuai dengan nama website saya nicetraveller, maka gaya jalan-jalan saya ya memang jalan-jalan nyaman, bisa backpaker tapi nyaman, bisa tidak disebut backpaker tapi tetap jalan-jalan mandiri tanpa tour guide, bisa juga ikut tour. Nah perjalanan saya ke Nusa Penida ini ikut tour, lagi-lagi karena keterbatasan waktu, saya hanya punya 1 hari kesana.

Jika searching-searching tour Nusa Penida ada beberapa pilihan tour yang ditawarkan:

  1. Kelingking Beach, Broken Beach, Angel Billabong, Paluang Cliff dan Crystal Bay yang posisinya di sebelah Barat Nusa Penida, atau
  2. Rumah Pohon, Atuh Beach, Bukit Molenteng dan Bukit Teletubbies yang terletak disebelah timur Nusa Penida.

Untuk harga sama Rp600.000 per orang untuk paket 2 orang, makin banyak orangnya makin murah harganya. yang didapatkan juga sama Transport FastBoat Sanur-Nusa Penida, Mobil+BBM, Supir sebagai guide tour, air mineral dan tiket masuk semua destinasi. Nah berhubung yang terkenal adalah tempat-tempat wisata di sebelah barat Nusa Penida maka saya pilih pilihan yang pertama, untuk pilihan yang kedua mungkin di lain kesempatan.

Perjalanan ke Nusa Penida

Meeting point dari paket tour ini adalah di Pantai Sanur jam 7.00 pagi dan akan berakhir di jam 15.00, waktu itu kami datang terlambat dan diizinkan untuk naik kapal di jam berikutnya, tapi pulang tetap di jam 15.00. di Pantai Sanur berjejer counter tiket boat ke Nusa Penida, cari sesuai dengan arahan bookingan tour untuk menggunakan Boat yang mana, nantinya kita akan diberikan name tag nama kapal untuk memudahkan petugas kapal untuk mengenali mana costumer mereka. Fast Boat tidak benar-benar ada di pinggir pantai ya, jadi masukkan sepatu kedalam keranjang milik kapal yang kita tumpangi baru berjalan mendekati kapal, nantinya petugas kapal akan membawa sepatu-sepatu kita kedalam kapal. Perjalanan Sanur – Nusa Penida memakan waktu 40 menit.

Crystal Bay

Sesampainya di Nusa Penida akan ada Supir yang menjemput di Pelabuhan, kemudian tujuan wisata pertama adalah Pantai Crystal Bay. Nah bagi yang mau snorkling naik kapalnya dari Crystal Bay ini dengan tambahan biaya Rp200.000 per orang untuk sewa peralatan snorkling, boat dan guide. Mau snorkling atau tidak ditentukan ketika booking paket tour diawal ya.

Ketika masih di Crystal Bay belum ada pikiran untuk snorkling nah pas sudah mendatangi tempat-tempat wisata selanjutnya baru mupeng lihat orang-orang yang pada snorkling. Karena membeli paket tanpa snorkling itu berarti kita hanya diantarkan ketempat-tempat wisata di Nusa Penida tapi hanya lihat dari atas, karena wisatanya rata-rata tebing, pantainya ada jauh dibawah, ketika ingin snorkling tidak mungkin langsung lompat dari atas kan 😀

Berdasarkan hasil memperhatikan orang-orang, ada 2 tipe wisatawan Nusa Penida, 1 wisatawan yang sukanya foto-foto cantik (bahkan turis asia timur ada beberapa yang pakai gaun) dan wisatawan yang suka adventure. Kamu tipe yg mana? Yang suka foto-foto cantik saja atau yang adventure? Kalau yang suka adventure langsung ambil paket snorkling diawal ya, jangan salah pilih 😀

Crystal Bay
Angel’s Billabong dan Broken Beach
Angel’s Billabong

Dari Crystal Bay kita akan diantar ke Angel’s Billabong, kolam renang alami diantara 2 tebing, kemudian ke Broken Beach yang lokasinya berdekatan, cukup berjalan kaki. Broken Beach ini intinya karang bolong, indah sekali tapi hanya bisa lihat dari atas dan mupeng lihat orang-orang yang pada snorkling dibawah. Selain itu jika snorkling maka ke Broken Beach naik boat dan tidak merasakan jalanan yang rusak parah dari Crystal Bay.

Broken Beach
Kelingking Beach dan Paluang Hill

Dari Broken Beach makan siang dulu dan itu tidak termasuk paket ya, setelah makan siang baru diantarkan ke Kelingking Beach yang fenomenal itu dan Paluang Hill yang lokasinya berdekatan. Kelingking Beach itu pantai yang letaknya jauuh dibawah, harus tracking menuruni tangga-tangga yang terbuat dari tanah selama 1 jam, turunnya oke naiknya bagaimana, ketahuan jarang olah raga ya, haha. Jadinya lagi-lagi hanya menikmati pemandangan dari atas yang luar biasa itu, tebing berbentuk seperti kepala t-rex.

Kiri ke kanan: 1. Kelingking Beach, 2. Paluang Hill, 3 dan 4 Pemandangan sekitarnya

Selesai menikmati pemandangan Kelingking Beach dan Paluang Hill dari atas serta foto-foto cantik tentunya, kami kembali ke Pelabuhan Nusa Penida dan kembali ke Pantai Sanur, karena perjalanan sore jadi pastinya tidak semulus pagi hari ya, ada ombak-ombaknya sedikit lah 🙂

Pelabuhan Nusa Penida

Walaupun jalan-jalannya intinya menikmati pemandangan dari atas tebing tapi lumayan kaki berasa pegal, apalagi kalau turun ke Kelingking Beach ya, pasti besoknya sakit semua, hehe, oya jangan lupa pakai sun block dan topi, kalau perlu bawa payung karena Nusa Penida itu panas sekali ya, matahari juga bersinar terik, kalau sudah berasa keliyengan jangan dipaksakan. Sekian dari saya, happy travelling all.

Join the discussion

2 comments

Follow @nisa_nice

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.
nicetraveller

Instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.