nicetravellerPanduan jalan jalan hemat tapi nyaman
Nami Island

Nami Island

Ferry ke Nami Island

Pernah nonton Winter Sonata? Drama Korea yang terkenal di tahun 2002, nah salah satu lokasi syuting Winter Sonata adalah di Nami Island. Nami Island adalah daratan di tengah sungai, jadi seharusnya bukan Nami Island ya tapi Nami Delta.

Cara ke Nami Island

Nami Island terletak 63 km dari Seoul, di daerah Gapyeong tepatnya di tengah-tengah Sungai Han. Untuk menuju Nami Island bisa beberapa cara yaitu:

  1. Cara ternyaman adalah naik taxi atau sewa mobil. Tapi biaya sewa mobil di Seoul sangat mahal ya, sekitar Rp2.000.000 atau KRW154.440 per hari.
  2. Cara termurah adalah naik subway dan lanjut naik Gapyeong Tour Bus dengan total biaya KRW8.350 pp.
  3. Dan pilihan antara keduanya adalah naik tour bus dari Insadong berangkat jam 09.30 (Tapgol Park), Namdaemun berangkat jam 09.30 (pintu selatan Pasar Namdaemun) atau Myeongdong berangkat jam 09.45 (diantara bangunan baru dan bangunan utama Mall Shinsegae) dengan harga KRW15.000 pp atau KRW7.500 sekali jalan.

Untuk meminimalisir pengeluaran kami gunakan cara termurah yaitu naik Subway. Caranya naik Subway G-J turun di Sangbong dan lanjut Naik Kereta Gyoung Chun ke Stasiun Gapyeong total pengeluaran KRW2.350 pp dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Dari Stasiun Gapyeong naik Gapyeong Tour Bus, tiket dibeli di dalam Bus seharga KRW6.000, tinggal tapping kartu T Money ke Mesin tapping di samping supir dan T Money akan terdebet KRW6.000. Tiket tersebut tidak boleh hilang karena akan digunakan untuk kembali ke Stasiun Gapyeong dari Nami Island, dan bisa juga untuk ke tempat wisata lain di Gapyeong seperti Petite France dan Garden of Morning Calm.

Perjalanan dari Stasiun Gapyeong ke Nami Island memakan waktu 10 menit dan selama perjalanan di dalam bus akan ada pemandu wisata yang akan menjelaskan mengenai Daerah Gapyeong dalam Bahasa Inggris dan Korea. Sesampainya di pemberhentian pertama yaitu Nami Island cari tempat pembelian tiket, tiket Nami Island seharga KRW13.000 digunakan sebagai tiket masuk dan naik ferry pulang pergi. Tiket yang dibeli bertuliskan Entry Visa, dan loket pembelian tiket disebut Immigration Check Point tapi tidak perlu mengeluarkan paspor ya, Nami Island memang disetting seakan-akan kita akan masuk ke negara lain yaitu Naminara Republic. Oya yang suka dengan aktivitas yang menguji adrenalin, bisa mencoba Zip Wire, semacam flying fox yang sangat panjang melintasi sungai dari atas untuk menuju Nami Island dengan biaya KRW44.000. Harga tersebut termasuk biaya masuk Nami Island.

Ticketing dan naik Ferry ke Nami Island
Welcome to Naminara Republic

Luas Nami Island adalah 460.000m2 dan berdiameter 5 km cukup luas ya, tapi bisa dikelilingi dengan berjalan kaki, bisa menyewa sepeda KRW4.000 per 30 menit, kalau malas jalan dan gowes sepeda bisa naik Kereta Api UNICEF yang akan membawa dari dermaga di utara ke ujung selatan dengan biaya KRW3.000 sekali jalan (kalau lihat di peta Nami Island, utara ada di sebelah kiri dan selatan di sebelah kanan), atau naik bus golf KRW7.000 berkeliling selama 20 menit. Waktu itu kami menggunakan Kereta UNICEF, lumayan menghemat tenaga tetapi tidak bisa berfoto-foto di spot-spot cantik yang dilewati.

UNICEF Charity Train
Ada Apa Saja di Nami Island?

di Nami Island ada beberapa museum, taman-taman, kolam ikan, kolam renang, patung winter sonata tentunya, galery, cafe, perpustakaan anak, hotel dan restoran. Peta bisa didapatkan di Information Center didekat dermaga dan tersedia juga Peta dalam Bahasa Indonesia.

Peta Nami Island
Keliling-keliling Nami Island
Halal Food dan Mushola

Nami Island ini muslim friendly sekali karena ada restoran halal dan mushola juga. Untuk Restoran halal namanya adalah Asian Cuisine, kesempatan ini saya gunakan untuk mencoba jajangmyeon halal, mie bumbu kedelai hitam khas korea. Dan rasanya enak, tidak ada rasa asamnya, ini aneh karena pernah coba jajangmyeon di restoran korea di Bogor dan rasanya asam, saya kira memang begitulah rasanya, ternyata di negara asalnya rasanya enak sekali.

Asian Cuisine dan Jajangmyeon

Untuk mushola letaknya ada di samping Restoran Asian Cuisine, tepatnya di lantai 2 Picture Book Library. Tapi walaupun ada mushola, toiletnya tetap toilet kering ya jadi siapkan botol air kemana-mana, hehe.

Mushola ada di lantai 2 Picture Book Library

Menurut saya meluangkan waktu sekitar 4 jam cukup untuk berkeliling Nami Island, karena masih ada tempat wisata lain di Gapyeong yang sayang untuk dilewatkan yaitu Petite France (lokasi Shooting My Love From The Star) dan Garden of Morning Calm. Kalau mau mengunjungi ketiga tempat wisata di Daerah Gapyeong ini maka datanglah lebih pagi. Nami Island sudah buka dari jam 07.30 pagi.

Join the discussion

Follow @nisa_nice

Error validating access token: Session has expired on Saturday, 12-Aug-23 15:03:03 PDT. The current time is Monday, 11-Dec-23 11:33:35 PST.
nicetraveller

Instagram

Error validating access token: Session has expired on Saturday, 12-Aug-23 15:03:03 PDT. The current time is Monday, 11-Dec-23 11:33:36 PST.